Jenis Tanaman Hias Luar Ruangan

Jenis Tanaman Hias Luar Ruangan

Tanaman hias luar ruangan biasa ditanam oleh pemilik halaman rumah sebagai hiasan untuk mempercantik penampilan rumahnya. Sebagai tanaman hias untuk luar ruangan biasanya dipilih tanaman yang tahan panas sinar matahari untuk menyesuaikan iklim di Indonesia yang bertipe tropis. Ada baiknya pula menanam tanaman hias yang memiliki fungsi ganda seperti sebagai penghasil makanan atau sebagai pagar hidup. Tanaman hias yang ditanam di luar ruangan ada yang merupakan tanaman hias bunga, yaitu tanaman hias yang keindahannya dilihat dari bunganya. Ada pula jenis tanaman hias daun, tanaman hias buah, dan tanaman hias batang untuk luar ruangan. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias luar ruangan :

1. Bunga Bougenville

Tanaman hias bunga yang umum dijumpai salah satunya adalah bunga bougenville. Perawatan tanaman bougenville yang mudah, tekstur bunganya yang seperti kertas, serta warna cerah mencolok yang dimiliki oleh bunga bougenville, membuatnya sering dijadikan tanaman hias.

2. Bunga Anggrek

Tanaman hias bunga lainnya adalah anggrek. Tanaman anggrek memiliki aroma bunga yang harum. Mahkota bunga anggrek juga memberikan kesan kaya dan elegan. Terdapat berbagai macam jenis, bentuk dan warna bunga anggrek yang dapat dipilih sebagai tanaman hias luar ruangan.

3. Bunga Geranium


Tanaman bunga geranium juga dapat dijadikan tanaman hias. Warna bunganya yang halus dan lembut membuat suasana pekarangan menjadi tenang dan nyaman. Aroma dari bunga geranium juga tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk.

4. Sri Rejeki


Tanaman sri rejeki atau aglaonema tergolong salah satu tanaman hias daun. Tanaman aglaonema ini sangat mudah dibiakkan dan memiliki beragam corak warna, bentuk, dan ukuran pada daunnya yang menjadikannya sebagai tanaman hias yang indah.

5. Lidah mertua


Selain aglaonema, tanaman lidah mertua atau sansevieria juga merupakan jenis tanaman hias daun. Tanaman ini sering ditanam di luar ruangan karena memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari polusi sehingga hawa pekarangan menjadi lebih segar.

6. Kuping Gajah


Jenis tanaman hias daun lainnya adalah kuping gajah atau anthurium. Tanaman yang ciri khasnya berdaun besar dan lebar ini selain sebagai tanaman hias luar ruangan juga dapat dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

7. Jeruk


Tanaman hias buah yang sering kita temui salah satunya adalah jeruk. Tanaman jeruk dapat berbuah sehingga dapat dinikmati hasilnya, serta kulit jeruk juga dapat dijadikan bahan pengusir keberadaan nyamuk karena aromanya. 

8. Cabai


Selain tanaman jeruk, cabai juga bisa menjadi tanaman hias buah luar ruangan. Tanaman cabai memiliki banyak sekali kegunaan. Buahnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan memasak sehari-hari, apalagi akhir-akhir ini harga cabai yang sedang meroket naik, kita tidak perlu khawatir karena kita memiliki stok cabai sendiri. Buah cabai yang berwarna-warni juga menjadi hiasan tersendiri dari tanaman ini.

9. Bambu


Untuk tanaman hias batang, bambu termasuk jenis tanaman yang sering ditanam. Batangnya yang menjulang dapat dirapikan dan dijadikan pagar hidup, dan sebagai tambahan, batang bambu juga akan menghasilkan suara yang merdu dan indah apabila bergesekan tertiup angin.

10. Kaktus


Selain bambu, kaktus juga merupakan jenis tanaman hias batang. Tanam kaktus di sekeliling tanaman lain untuk menjadikannya sebagai penjaga tanaman tersebut dari tangan-tangan jahil yang ingin merusaknya. Kaktus juga merupakan tanaman mandiri yang dapat tahan tidak diairi untuk waktu yang lama.

Berbagai jenis tanaman hias luar ruangan ini bisa segera Anda tanam untuk mempercantik pekarangan Anda. Beberapa diantaranya tidak memerlukan cara penanaman dan perawatan yang rumit. Rasakan perbedaan suasana pekarangan yang menjadi lebih indah, segar, dan menarik dengan adanya berbagai jenis tanaman hias luar ruangan.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top