Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Berbuah

Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Berbuah

Salah satu tujuan kita menanam tanaman buah adalah supaya kita dapat menikmati hasil buahnya ketika berbuah nanti. Karena keterbatasan lahan di perkotaan, maka tanaman buah yang biasanya berupa pohon dan di tanam di tanah sekarang dapat dikembangkan di dalam pot. Penanaman tanaman buah di pot menjadikannya kelihatan lebih menarik dan minimalis. Ada beberapa tanaman buah yang bisa dijadikan pilihan untuk ditanam dalam pot. Berikut ini adalah contoh tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah :

1. Jeruk


Buah jeruk merupakan salah satu buah yang umum ditanam dalam pot. Semua jenis jeruk dapat ditanam dalam pot dan dapat terus berbuah apabila perawatan dengan penyiraman dan pemupukannya dilakukan dengan tepat. Selain itu, buah jeruk yang ditanam dalam pot juga bisa digunakan sebagai penghias ruangan.

2. Jambu


Buah jambu juga dapat ditanam dalam pot. Buah jambu dapat tumbuh dengan mudah asalkan disiram dan dipupuk dengan benar dan teratur. Buah yang dihasilkan oleh pohon jambu yang ditanam dalam pot tergolong lebih banyak dibanding tanaman lain. Merupakan pilihan yang bagus menanam jambu dalam pot karena jambu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

3. Stroberi


Tanaman stroberi yang berbentuk tanaman merambat dengan stolonnya dapat ditanam dalam pot. Proses perawatannya dengan cara penyiraman, pemupukan, dan membuang bagian tanaman yang mati serta membersihkan gulma yang mengganggu. Ini harus dilakukan agar buah yang dihasilkan tidak mudah busuk. Tanaman stroberi dalam pot dapat berbuah beberapa kali dan biasanya tidak tumbuh secara bersamaan.

4. Mangga


Tanaman mangga pun bisa ditanam di dalam pot. Semua varietas mangga bisa ditanam dalam pot, namun kecepatan berbuahnya juga tergantung pada jenisnya. Agar rajin berbuah, perlu diperhatikan beberapa hal seperti pemilihan bibit mangga, pemilihan media tanam, serta pemupukan dan pengendalian hama. Gunakan pot yang ringan dan tidak mudah pecah untuk ditanami mangga.

5. Apel


Tanaman apel memerlukan pot dengan diameter lebar dan memiliki lubang pada dasarnya. Pilihlah bibit yang bagus lalu tanam pada media tanam. Cara merawat apel dalam pot pun seperti tanaman yang lain. Perlu dilakukan penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit. Buah apel dalam pot akan berbuah setelah 4 sampai 5 bulan.

6. Anggur


Untuk menanam anggur dalam pot, setelah menyiapkan media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk, buat tempat penyangga dari kawat besi sebagai tempat menempel tanaman anggur nantinya. Perawatan khusus yang perlu dilakukan saat menanam anggur adalah pemangkasan yang dilakukan secara rutin. Saat berumur 9 bulan sebenarnya anggur sudah mulai bisa dibuahkan, namun bisa berakibat kurang baik pada tanaman. Sebaiknya anggur mulai dibuahkan saat sudah berumur 1 tahun.

7. Buah naga


Bentuk yang unik dan warna yang menarik membuat buah naga juga merupakan pilihan buah yang ditanam dalam pot. Dibutuhkan pot dengan ukuran besar dan bahan yang tahan tekanan. Sediakan juga tiang penyangga untuk menjaga agar tanaman buah naga tidak roboh. Selain itu, jangan lupakan perawatan tanaman dengan cara penyiraman, pemupukan dan pemangkasan cabang-cabang liar.

Menanam buah dalam pot muncul akibat keterbatasan tempat dalam menanam pohon buah ukuran besar. Buah yang dihasilkan dari tanaman buah dalam pot pun kualitasnya bisa berbeda dengan buah dari tanaman buah yang ditanam di tanah. Namun menanam buah dalam pot tetap bisa menjadi pilihan yang menarik dalam kegiatan bertanam masyarakat. Selamat menanam buah dalam pot.

Baca Juga : Cara Menghindari Lalat Buah Dengan Kapur Barus, Pada Artikel Lalat Buah Kapur Barus



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top