Tanaman Merambat untuk Pagar

Tanaman Merambat untuk Pagar

Cara untuk mempercantik lingkungan sekitar rumah kita bermacam-macam. Jika kita bosan dengan penampilan pagar pembatas rumah kita yang seperti itu-itu saja, kita bisa menambahkan hiasan pada pagar rumah kita berupa tanaman merambat.


Dengan adanya tanaman merambat pada pagar rumah Anda akan membuat pagar Anda tampak lebih alami dan enak dipandang. Ada banyak sekali jenis tanaman merambat yang bisa ditanam sebagai hiasan untuk pagar rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman merambat untuk pagar :

1. Dolar Rambat


Tanaman dolar rambat memiliki daun yang hijau, tidak berbunga, serta dapat tumbuh sangat lebat. Tanaman ini banyak dipilih sebagai tanaman merambat untuk menutupi dinding. Namun karena dapat menimbulkan kelembaban dan kerusakan pada dinding, sebaiknya pilih dinding plasteran yang tidak berubin sebagai tempat dolar rambat. Jaga tanaman dolar rambat dari jamur dan rumput liar, siangi secara teratur, dan jangan sampai menarik tanaman dolar rambat sampai terlepas karena nantinya sudah tidak bisa ditanam lagi, sehingga Anda harus menanamnya dari awal.

2. Morning Glory




Tanaman yang mekar setiap pagi ini memiliki aroma yang sangat harum dan cocok dijadikan sebagai tanaman rambat pada pagar rumah. Bunganya yang berwarna-warni dan cerah, serta tahan cuaca dingin maupun panas menjadi kelebihan utamanya. Morning glory juga sering digunakan dalam vertical garden karena memberikan kesan teduh dan dingin.

3. Alamanda


Bunga Alamanda berwarna kuning atau merah muda. Tanaman alamanda yang dapat tumbuh sangat lebat ini cocok sebagai pelapis pagar rumah. Tanaman alamanda dapat distek sehingga warna bunga yang ada bisa bermacam-macam pada satu pagar. Jangan lupa untuk melakukan perawatan agar bunga tumbuh teratur dan rapi.

4. Air Mata Pengantin




Bunga air mata pengantin berkesan kecil dan mungil, berwarna merah muda dengan daun hijau berbentuk hati. Air mata pengantin sangat mudah tumbuh sehingga dapat menutupi pagar rumah Anda dengan cepat. Perawatan bunga ini sangat mudah karena walaupun tanpa disiram atau dipupuk, bunga ini dapat tumbuh secara mandiri.

5. Mandevilla




Tanaman mandevilla hampir mirip alamanda. Mandevilla dapat dijadikan pilihan sebagai tanaman rambat yang tahan hama dan dapat tumbuh di daerah tropis. Selain itu mandevilla dapat tumbuh rimbun dan memiliki bentuk bunga unik dan berwarna cerah. Batang tanaman mandevilla kadang tidak mengikuti sulur sehingga perlu dirapikan dengan rafia.

6. English Ivy




Tanaman english ivy atau hedera dikenal memiliki kemampuan untuk membersihkan udara disekitarnya. Selain itu, tanaman ini ternyata juga cukup indah jika digunakan sebagai tanaman rambat pada pagar rumah. Daun tanaman ini bermacam-macam sesuai spesiesnya dan menjadi daya tarik utamanya sebagai tanaman rambat.

7. Bougenville




Bunga bougenville dapat dijadikan tanaman rambat pada pagar rumah Anda. Bunganya yang bertekstur seperti kertas warna-warni dan berwarna mencolok akan menghasilkan kombinasi warna yang kelihatan sangat indah. Perawatan bunga bugenvil pun sangat mudah karena bunga ini sangat mudah tumbuh.

8. Flame of Irian




Flame of Irian atau bunga melati irian memiliki untaian bunga yang cukup besar dan bergerombol, sehingga cocok untuk dijadikan tanaman rambat pada pagar. Bunga ini dapat dikreasikan sehingga menghasilkan kesan yang artistik dan kelihatan lebih menawan. Bunga ini tergolong mahal dan langka, namun dapat tumbuh cukup cepat dan mudah dirawat.

Ada berbagai macam tanaman merambat yang bisa mempercantik pagar rumah Anda. Anda bisa memilih salah satu dari contoh tanaman di atas sebagai penghias pagar Anda, dan rasakan perbedaan suasana halaman Anda menjadi lebih rimbun dan nyaman.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top